MEKANISME PERTAHANAN EGO

September 13, 2009 deatma

Mekanisme pertahanan ego ini lebih menunjukan situasi ketegangan didalam menghadapi rintangan hidup sehingga akan membuat jarak yang semakin jauh antara pribadi dengan tujuan-tujuan riil. Reaksi semacam ini dikembangkan jika seseorang merasakan adanya suatu yang menghancurkan pribadinya. Maka cara-cara mempertahankan diri sangat sistimatis dan selalu disiapkan setiap waktu untuk bisa dipakai dengan cara berlebihan.

Tiap manusia mempunyai cara-cara tersendiri didalam mempertahankan egonya. Mekanisme pertahanan diri ini bermacam-macam sifatnya tergantung kepada pibadi yang akan mempergunakan sehubungan problema-problema yang sedang dihadapi. Jenis-jenis mekanisme pertahanan diri tadi antara lain :

1. Kompensasi

Kata kompensasi ini berasal dari bahasa latin yaitu ” compensare” yang berarti menimbang bersama. Dalam biologi istilah kompensasi dimaksud sebagai suatu koreksi terhadap kelemahan suatu organ dengan cara meningkatkan fungsi organ lain yang tidak terganggu. Didalam dunia Psychology, kompensasi ini berarti suatu usaha untuk menutup kekurangan pada sifat yang kurang diinginkan dengan menunjukan sifat lain yang merupakan obyek pengganti atau subtitusi. Mula-mula istilah kompensasi ini diutarakan oleh Adler seorang dokter dan tokoh Individual Psychology di Wina. Pada tahun 1901 ia berasil menerbitkan sebuah buku yang berjudul “Inferiority of organ and their psychic compensation”. dimana didalamnya dia menyatakan bahwa manusia dilahirkan selalu dibebani oleh berbagai kelemahan organis atau organ intiority. Dia beranggapan bahwa seorang yang mengalami kesakitan itu bukan semata-mata disebabkan oleh bibit penyakit tetapi disebabkan oleh kelemahan organis yang dialaminya. Sebab kata penyakit itu sendiri sebenarnya adalah suatu manifestasi personal, yang maksudnya asal usul (organ inferiority) yang akan menentukan seorang itu sakit atau tidak. Berhasil atau tidaknya seseorang dalam mengarungi kehidupan berikutnya sangat ditentukan oleh seberapa jauh ia mampu melakukan kompensasi-kompensasi terhadap kelemahan-kelemahannya. Didalam ilmu jiwa Adler berusaha menghubungkan pengertian organ inferiority ini dengan dinamika dari individu yang berusaha untuk mengatasi atau menutupi kelemahannya, dengan apa yang disebut Adler sebagai usaha kompensasi psikis. Setiap orang dengan berbagai jenis bahan kelemahan organisnya pasti pernah melakukan usaha kompensasi ini, dimana kalau suatu seketika terjadi kegagalan maka akan menimbulkan gangguan-gangguan psychis. Jadi kompensasi adalah suatu reaksi pertahanan ego terhadap rasa kurang berharga dan rasa lebih rendah karena cacat atau kelemahan pribadi serta kegagalan atau kemunduran dimana semua itu akan menyebabkan stres-stres psychologis. Reaksi pertahanan diri (ego) yang berupa kompensasi ini ada beberapa bentuk antara lain :

1.1 Kompensasi positif langsung

Dengan ini individu berusaha melipat-gandakan usaha serta keuletannya untuk secra langsung mengatasi rintangan-rintangan yang sedang dihadapinya. Misalnya seseorang yang mengalami kegagalan dalam ujian, maka ia akan berusaha lebih keras dan lebih sistimatis didalam belajar dengan tujuan agar kegagalannya tadi dapat  teratasi dengan kesuksesan. Cerita lama yang merupakan suatu contoh dari kompensasi langsung yaitu orang Yunani yang bernama “Oesmostonis”. Dia adalah orang yang mempunyai cacat gagap tetapi dengan keuletannya yang mengagumkan ahkirnya ia menjadi orator ulung.

1.2. Kompensasi positif tidak langsung

Reaksi kompensasi positif tidak langsung ini adalah suatu usaha dan cara untuk menutupi kegagalan serta kekurangan-kekurangan yang ada pada dirinya dengan menonjolkan kelebihan-kelebihan yang lainnya. Suatu misal


Entry Filed under: Uncategorized

3 Comments Add your own


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to comments via RSS Feed

Laman

Kategori

Kalender

September 2009
S S R K J S M
    Okt »
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
282930  

Most Recent Posts

 
%d blogger menyukai ini: